MECH5


MAKALAH
PENGANTAR TEKNOLOGI SISTEM CERDAS







“ “MECH5” TEKNOLOGI PENGECEK KONDISI DAN PENGENDALIAN MOBIL JARAK JAUH “


PENYUSUN
KELOMPOK 5 :

RULLY                                                    19114850
                                    SYAGIFUL FATHAYATIH                      1A114570 
                                   WINA ZHAFIRAH MUMTAZ                1C114254 
                                   YACOBUS KOKA                                   1C114340 
                                   ZAKY MUHAMMAD                              1C114650




3KA13

UNIVERSITAS GUNADARMA
PTA 2016/2017



DAFTAR ISI

ABSTRAKSI ........................................................................................................      1
BAB I PENDAHULUAN .....................................................................................      2
I. Latar Belakang .................................................................................................      2
II. Tujuan ...............................................................................................................      2
BAB II PEMBAHASAN ......................................................................................      4
I. Pengertian MECH5............................................................................................     4
II. Fitur MECH5 ...................................................................................................      5
III. Kelebihan dan Kekurangan MECH5 ...........................................................      6
BAB III PENUTUP ..............................................................................................      7
I. Kesimpulan .........................................................................................................     7
I. Saran ...................................................................................................................     7
REFERENSI .........................................................................................................      9 






KATA PENGANTAR

               Puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa atas segala rahmatNYA sehingga makalah ini dapat tersusun hingga selesai . Tidak lupa kami juga mengucapkan banyak terimakasih atas bantuan dari pihak yang telah berkontribusi dengan memberikan sumbangan baik materi maupun pikirannya.


                Dan harapan kami semoga makalah ini dapat menambah pengetahuan dan pengalaman bagi para pembaca, untuk ke depannya dapat memperbaiki bentuk maupun menambah isi makalah agar menjadi lebih baik lagi.

                 Karena keterbatasan pengetahuan maupun pengalaman kami, Kami yakin masih banyak kekurangan dalam makalah ini, Oleh karena itu kami sangat mengharapkan saran dan kritik yang membangun dari pembaca demi kesempurnaan makalah ini.

                                                                                             Jakarta, 3 Oktober 2016

                                                                                             
                                                                                              Penyusun Kelompok 5



ABSTRAKSI


ABSTRAK
KELOMPOK 5, KELAS 3KA13
TEKNOLOGI INFORMASI DAN SISTEM INFORMASI
Makalah Pengetahuan Teknologi Sistem Cerdas, Universitas Gunadarma, 2016
Kata Kunci : Transportasi

Pokok pembahasan dalam makalah ini adalah menjelaskan perkembangan sistem informasi dan teknologi informasi dalam bidang transportasi. Pada proses pembuatannya dibutuhkan rancangan awal pembuatan makalah ini yang disajikan melalui pengertahuan tentang perkembangan transportasi sekarang. Perkembang teknologi transportasi sangat berpengaruh dalam kehidupan kita sekarang. Transportasi yang digunakan baik yang di darat, laut dan udara yang berfungsi untuk mengembangkan algoritma-algoritma yang dibangun, yang terus berkembangan sekarang dan samapi saat ini selalu menyajikan penemuan baru dalam bidang transportasi. Dengan makalah ini, diharapkan memperbanyak pengetahuan terhadap transportasi.




BAB I
PENDAHULUAN

 I. Latar Belakang
        Alat transportasi sudah digunakan sejak jaman dahulu. Dimulai dengan menggunakan hewan sebagai penggerak kendaraan tersebut sampai sekarang menggunakan mesin. Dulu alat transportasi sulit digunakan oleh orang-orang biasa. Hanya kaum bangsawan yang rata-rata memiliki kendaraan. Kemudian mulai dikembangkan alat-alat yang dapat menggerakkan kendaraan dengan mekanisme beraturan yang disebut mesin. Mesin pun juga mengalami perkembangan dari menggunakan uap, batu bara, dan sekarang akhirnya sudah menggunakan bensin, nuklir, aftur dsb. Dulu kendaran paling jauh bisa mengantarkan hanya sebatas di pulau. Bisa mengantar ke luar pulau tapi membutuhkan waktu yang lama. Zaman sekarang kita bisa berpindah pulau, bahkan negara hanya dengan hitungan jam. Itu membuat kita bisa lebih muda bertemu dengan sanak saudara yang bertempat tinggal jauh.
Melalui perkembangan transportasi dari jaman dahulu hingga sekarang membuktikkan betapa butuhnya kita akan transportasi sekarang ini. Dan akan terus bermunculan berbagai alat transportasi yang akan memudahkan kita bertemu dengan satu sama lain.

II. Tujuan Makalah
1.      Untuk mengetahui perkembangan teknologi MECH5.
2.      Untuk menambah wawasan penulis dan pembaca mengenai perkembangan teknologi MECH5.
3.  Untuk memberikan informasi kepada penulis dan pembaca mengetahui teknologi ramah lingkungan.
4.      Untuk memberikan informasi perkembangan teknologi terbaru dimasa depan.
5.    Untuk memberikan informasi kepada pembaca bahwa teknologi MECH5 dapat memudahkan manusia dalam merawat serta menjaga keamanan kendaraan.


  

BAB II

PEMBAHASAN







I. Pengertian MECH5
        MECH5 ialah perangkat berbentuk dongle sederhana yang dapat terhubung ke kendaraan melalui port di mobil. Setelah dimasukkan dalam port OBD (On-Board Diagnostic) , penggunanya bisa mengecek statistik kendaraan seperti penggunaan bahan bakar maupun rekaman perjalanan yang baru dilakukan. MECH5 bentuknya tidak jauh berbeda dengan aksesoris OBD lainnya, kemampuannya terhubung dengan kendaraan melalui cloud computing adalah fitur terbaru yang sebelumnya nggak ada di perangkat OBD lainnya.

       Namun, kemampuannya terhubung dengan kendaraan melalui komputasi awan (cloud computing) adalah fitur terbaru yang sebelumnya tak ada di perangkat OBD lainnya. Kemampuan ini membuat pemilik kendaraan tahu lebih detil dan dapat mengendalikan kendaraannya dari jarak jauh. Laman Connectedly melansir, MECH5 memungkinkan pengguna mengendalikan kendaraan miliknya dari jarak yang sangat jauh, hingga jarak 5.000 mil (atau sekitar 8.000 km). Konektivitas dengan komputasi awan diklaim akan memudahkan pemilik mobil mengetahui kondisi kendaraannya di mana saja dan kapan saja. Perusahaan pembuat MECH5 mengaku perangkatnya dapat terhubung dengan hampir semua elektronik di kendaraan mulai dari jendela, lampu sen hingga airbag untuk traksi kontrol. Canggihnya, perangkat ini juga bisa diakses oleh mekanik dari jarak jauh saat kendaraan berada di luar jangkauan bengkel.“Jika kendaraan sedang dalam masalah dan berada di luar jangkauan bengkel, pemilik mobil bisa meminta mekaniknya untuk mengakses akun MECH5 agar bisa mendiagnosis kondisi mobil dari jarak jauh dan membantu Anda menyelesaikannya,” ungkap Roman Di Lullo, Managing Director dalam video promosi MECH5. MECH5 saat ini baru diluncurkan sebagai proyek Kickstarter dan berharap menjadi alat diagnostik kendaraan terkuat yang ada di pasaran.

II. Fitur MECH5
1.      Bisa mengendalikan kendaraannya dari jarak jauh, hingga jarak 5.000 mil (atau sekitar 8.000 km)
Bagi anda yang sering berpergian keluar rumah, pergi shopping maupun pergi ke kantor, tidak mau membuang waktu hanya untuk mencari tempat parkir?MECH5 solusinya, dengan MECH5 pengguna dapat mengirim kembali kendaraannya ke rumah maupun untuk mencari tempat parkir. Setelah keperluannya selesai pengguna tinggal memanggil kembali kendaraannya dengan smartphone layaknya batmobile dalam film batman.
2.      Konektivitas dengan cloud computing diklaim akan memudahkan pemilik mobil mengetahui kondisi kendaraannya di mana saja dan kapan saja.
Dengan MECH5 pengguna dapat mengontrol setiap saat kendaraannya dirumah. Sangat berguna ketika pengguna sedang berpergian jauh keluar kota tak punya waktu dan tak bisa menembus jarak hanya untuk mengetahui kondisi kendaraannya dirumah.
3.      MECH5 bisa terhubung dengan hampir semua elektronik di kendaraan mulai dari jendela, lampu sehingga airbag.
Terkadang pemilik mobil lupa menutup rapat jendela atau mematikan lampu kendaraannya di garasi, dengan MECH5 pengguna bisa menutup jendela dan mematikan lampu mobil sambil berbaring di tempat tidur. Bahkan dengan alat ini pengguna bisa memanaskan kendaraan yang digunakannya ke kantor sambil sarapan di ruang makan.
4.      Perangkat ini juga bisa diakses oleh mekanik dari jarak jauh saat kendaraan berada di luar jangkauan bengkel.
Jika kendaraan sedang dalam masalah dan berada di luar jangkauan bengkel, pengguna bisa meminta mekaniknya untuk mengakses akun MECH5 agar bisa mendiagnosis kondisi mobil dari jarak jauh dan membantu pengguna menyelesaikan masalah kendaraannya.

III. Kelebihan dan kekurangan MECH5
·         Kelebihan MECH5
1.      Dapat mengetahui keberadaan dan keadaan kendaraan dari jarak jauh
2.      Dapat mengendalikan kendaraan dari jauh
3.      Dapat mengontrol kondisi kendaraan dari jauh
4.      Membantu sistem keamanan
·         Kekurangan MECH5
1.      Harga perangkat mahal
2.      Diperlukan perawatan perangkat sekala berkala


BAB III
PENUTUP

I. Kesimpulan
               Saat ini teknologi informasi (TI) dan sistem informasi (SI) berkembang sangat pesat dan meliputi berbagai bidang kehidupan manusia. Baik untuk keperluan menyelesaikan pekerjaan sehari - hari di tempat kerja, maupun di dalam kehidupan pribadi atau keluarga. Perkembangan teknologi informasi dan sistem informasi ini akan mendominasi dunia dan sangat memengaruhi kehidupan masyarakat di masa mendatang. Sumber Daya Manusia yang dapat mengerti perkembangan ini dan mampu menerapkannya dalam kehidupannya sehari - hari akan mampu bersaing dengan SDM lain yang tidak mengikuti perkembangan ini.
                Dengan mengetahui bahwa perkembangan transportasi dari masa kemasa dan samapai saat ini, itu merupakan pengaruh dari perkembangan TI serta SI yang terus berkembangan sampai sekarang. Dibuatnya beberapa transportasi yang semakin mudah dan canggih membuktikan bahwa pengaruh SI dan TI sangat berperan penting dalam perkembangan transportasi.

II. Saran
               Seperti yang kita ketahui perkembangan teknologi informasi dan sistem informasi khususnya yang berhubungan dengan teknologi informasi  dan sistem informasi dibidang transportasi terus berkembang tak pernah berhenti. Produk transportasi yang di hasilkan dari teknologi yang terus berkembang sesuai perkembangan zaman semakin beragam pula.Namun perkembangan teknologi ini tidak sepenuhnya memberikan dampak positif tapi juga memberikan dampak negatif pada penggunanya. Jika yang mereka dapat dari awal negatif maka kepribadian yang terbentuk pun akan menjadi negatif pula. Sehingga dengan kemajuan teknologi informasi dan komunikasi ini perlunya pengawasan dari orang tua dan pihak-pihak terkait agar lebih membantu dalam pengawasan dan pembatasan penggunaan teknologi informasi dan komunikasi ini untuk anak-anak ,agar anak-anak dapat menerima dampak positif bukan dampak negatif dari semua kemajuan teknologiini.Untuk itu bijaksanalah dalam mengunakan teknologi.


REFERENSI

http://tekno.liputan6.com/read/2055613/dengan-alat-ini-mobil-bisa-dikendalikan-dari-jarak-8000-km
http://www.nebulasystems.com/








Komentar

Postingan populer dari blog ini

TRAPDOOR DAN BACTERIA

Evolutionary Computing (Algoritma Genetika)

Siklus Hidup ITIL / ITSM Lifecycle