ITIL dan COBIT

ITIL DAN COBIT

1.                     Pendahuluan

COBIT (Tujuan Pengendalian Informasi dan Teknologi Terkait) dan ITIL (Information Technology Infrastructure Library) telah digunakan oleh para profesional teknologi informasi dalam pengelolaan layanan TI (ITSM) ruang selama bertahun-tahun. Digunakan bersama-sama, COBIT dan ITIL memberikan bimbingan untuk tata kelola dan manajemen layanan TI yang terkait dengan perusahaan, apakah layanan tersebut disediakan di rumah atau diperoleh dari pihak lain seperti penyedia layanan atau mitra bisnis.
ITIL bisa dilihat sebagai cara untuk mengelola layanan TI dikehidupan saat ini, sementara COBIT adalah tentang bagaimana cara memerintah pada perusahaan IT untuk menghasilkan nilai ciptaan yang tinggi pada bisnis, memungkinkan pada investasi TI, sekaligus mengoptimalkan risiko dan sumber penghasilan. COBIT 5 menjelaskan prinsip-prinsip dan kemungkinan-kemungkinan yang mendukung suatu perusahaan dalam memenuhi kebutuhan stakeholder, khususnya yang terkait dengan penggunaan aset TI dan sumber daya di seluruh perusahaan. ITIL menjelaskan secara lebih rinci bagian-bagian dari perusahaan IT yang merupakan enabler manajemen pelayanan (kegiatan proses, struktur organisasi, dll).

2.                     Landasan Teori
2.1                 COBIT
COBIT (diambil contoh COBIT 5) adalah kerangka terkemuka untuk tata kelola dan manajemen perusahaan IT. COBIT 5 dan meninjau bagaimana membantu perusahaan menciptakan nilai yang optimal dari IT dengan menjaga keseimbangan antara mewujudkan manfaat dan mengoptimalkan risiko.
COBIT didasarkan pada lima prinsip:
1. Mempertemukan Kebutuhan-kebutuhan Stakeholder
2. Menutup Perusahaan End-to-End
3. Menerapkan Satu, Kerangka Terpadu
4. Mengaktifkan/Memungkinkan Pendekatan Holistik
5. Memisahkan Governance dari Manajemen

Dan tujuh enabler:
1. Prinsip, Kebijakan dan Kerangka
2. Proses
3. Struktur Organisasi
4. Budaya, Etika dan Perilaku
5. Informasi
6. Jasa, Infrastruktur dan Aplikasi
7. Manusia, Keterampilan dan Kompetensi

2.2                 ITIL
ITIL adalah tentang memastikan bahwa proses TI dan tujuan dijalankan secara paralel dengan tujuan dan sasaran bisnis. IT sekarang telah memfasilitasi, membina/membangun tujuan bisnis, dan menyediakan alat dan layanan untuk organisasi untuk mencapai potensi.
ITIL berfokus pada ITSM dan memberikan lebih banyak bimbingan mendalam di daerah ini.
Ada lima tahapan dalam ITIL Service Lifecycle:
1. Layanan Strategi
2. Layanan Desain
3. Layanan Transisi
4. Layanan Operasi
5. Peningkatan Pelayanan terus menerus
 
3.                     Analisis
3.1                 Tinjauan Umum

3.1.1        Perkembangan COBIT dan ITIL
COBIT-Dirilis sebagai proses IT dan kerangka kontrol menghubungkan IT untuk kebutuhan bisnis, COBIT awalnya digunakan terutama dalam hubungannya dengan bisnis dan proses IT pemilik. Dengan penambahan pedoman manajemen pada tahun 2000, COBIT itu lebih sering digunakan sebagai kerangka kerja manajemen, menyediakan alat manajemen, seperti metrik dan model yang lama, untuk kerangka kontrol. Dengan rilis COBIT 4.0 pada tahun 2005, itu menjadi kerangka tata kelola TI yang lebih lengkap. berkembang ke COBIT 4.0 yang dibuat pada tahun 2007; mereka dapat dilihat sebagai fine-tuning dari kerangka, bukan perubahan mendasar. Versi saat ini adalah COBIT 4.1.
ITIL v3-Dirilis oleh the UK Office of Government Commerce (OGC), ITIL adalah secara luas pendekatan yang paling diterima untuk manajemen layanan TI di dunia. Versi 3 terdiri dari 27 proses rinci diatur dalam lima proses tingkat tinggi yang dijelaskan dalam lima enabler yaitu -Layanan inti Strategi, Layanan Desain, Layanan Transisi, Layanan Operasi dan terus menerus Peningkatan Pelayanan-yang terdiri dari satu fungsi: manajemen pelayanan IT yang efektif. Selain itu, ITIL v3 memperkenalkan konsep siklus layanan dan ini dijelaskan dalam buku resmi Pengantar IT Service Lifecycle.
3.1.2        Perbedaan COBIT dan ITIL
COBIT dan ITIL memberikan pendekatan untuk IT governance dari atas ke- awah dan manajemen pelayanan. COBIT memandukan prioritas dan tujuan manajemen dalam pendekatan holistik dan lengkap untuk berbagai kegiatan IT. Ini dapat memfokuskan semua  kepentingan (bisnis dan manajemen TI, auditor, dan profesional TI) pada pendekatan terpadu dan umum. ITIL mendukung ini dengan praktek terbaik untuk manajemen layanan. Ketika digunakan bersama-sama, kekuatan kedua pendekatan diperkuat, dengan kemungkinan yang lebih besar dari dukungan manajemen dan arah, dan lebih banyak menggunakan biaya-efektif dari sumber pelaksanaan.
Perbedaan antara dua kadang-kadang digambarkan sebagai "COBIT menyediakan 'mengapa'; ITIL menyediakan 'bagaimana.' "
COBIT lebih luas dari ITIL dalam lingkup cakupan (GEIT). Hal ini didasarkan pada lima prinsip (kebutuhan stakeholder pertemuan; meliputi akhir perusahaan untuk mengakhiri; menerapkan satu, kerangka terpadu; memungkinkan pendekatan holistik, dan memisahkan pemerintahan dari manajemen) dan tujuh enabler (prinsip, kebijakan dan kerangka kerja; proses; struktur organisasi ; budaya, etika dan perilaku; informasi; layanan, infrastruktur dan aplikasi; orang, keterampilan dan kompetensi).
ITIL berfokus pada ITSM dan memberikan lebih banyak bimbingan mendalam di daerah ini, menangani lima tahap siklus hidup layanan: strategi pelayanan, desain layanan, layanan transisi, operasi pelayanan dan peningkatan pelayanan terus-menerus.
ITIL berkaitan dengan manajemen layanan TI sedangkan COBIT berkaitan dengan keamanan yaitu ITIL memiliki fokus sempit dari COBIT tetapi mereka tumpang tindih di beberapa daerah. ITIL alamat pengiriman layanan TI. COBIT alamat ini juga, tetapi dalam waktu kurang rinci.
ITIL memiliki beberapa pedoman untuk manajemen layanan dan proses pemberian layanan. Tidak proses selesai, dan tidak untuk semua bidang IT dan tentu saja tidak untuk semua bidang perusahaan. COBIT adalah tujuan pengendalian yang dapat Anda gunakan untuk melihat apakah proses yang diikuti.
























Referensi









Komentar

Postingan populer dari blog ini

TRAPDOOR DAN BACTERIA

Evolutionary Computing (Algoritma Genetika)

Siklus Hidup ITIL / ITSM Lifecycle