Software Animasi


Pengantar Animasi dan Desain Grafis

Software dalam Pembuatan Animasi



Animasi 2D

1.      Adobe Flash
Adobe Flash (dahulu bernama Macromedia Flash) adalah salah satu perangkat lunak komputer yang merupakan produk unggulan Adobe Systems. Adobe Flash digunakan untuk membuat gambar vektor maupun animasi gambar tersebut. Berkas yang dihasilkan dari perangkat lunak ini mempunyai file extension .swf dan dapat diputar di penjelajah web yang telah dipasangi Adobe Flash Player. Flash menggunakan bahasa pemrograman bernama ActionScript yang muncul pertama kalinya pada Flash 5.
2.      Adobe Director
Adobe Director adalah perangkat yang dibuat oleh Macromedia dan sekarang merupakan bagian dari Adobe Systems. yang memperbolehkan pengguna untuk membangun perangkat lunak dalam film metaphor, yang digunakan pengguna untuk menjadi sutradara sebuah film. Awalnya dirancang untuk membuat animasi, penambahan bahasa scripting yang kuat yang disebut Lingo membuat pilihan populer untuk membuat CD-ROM dan kios mandiri dan konten web dengan menggunakan Adobe Shockwave. Adobe Director mendukung proyek-proyek multimedia baik 2D dan 3D.
3.      Toon Boom Studio 5
Toon Boom Studio 5 adalah sebuah perangkat lunak animasi 2D yang ideal bagi siswa dan penggemar yang mencari penggunaan yang mudah, program multi-teknik animasi. Toon Boom Studio 5, software animasi terkemuka untuk individu, fitur canggih alat gambar, menghemat waktu alat sync bibir yang inovatif dan menjiwai. Toon Boom Studio 5 menempatkan alat kreatif yang kuat di tangan Anda dan meningkatkan produktivitas Anda sehingga Anda dapat berfokus pada apa yang dianggap - cerita Anda, karakter Anda dan visi Anda. Dengan output dioptimalkan untuk Macromedia ® Flash dan QuickTime ®, Anda dapat dengan mudah output animasi Anda ke web, video, nirkabel dan seterusnya.
4.      Adobe Image Ready
Adobe Image Ready adalah salah satu fitur tambahan dari Photoshop, yang dirancang untuk mengedit cepat, seperti  web grafis dari pada efek-intensif editing grafis untuk aplikasi lain. Untuk itu, ImageReady memiliki fitur khusus seperti pembuatan animasi GIF, optimasi kompresi citra, gambar mengiris dan efek rollover, dan generasi HTML.
5.      Corel Rave
Corel Rave merupakan sebuah aplikasi berbasis vektor yang biasa digunakan untuk membuat animasi bergerak yang dibuat oleh perusahaan Corel. Corel rave merupakan aplikasi bawaan (satu paket) yang telah tersedia jika kita menginstal COREL DRAW 12.
6.      Swish Max
Swish Max adalah program aplikasi lengkap untuk pembuatan animasi berbasis flash player (sebuah program aplikasi pengoperasi suatu animasi sederhana, permainan digital dan berbagai perangkat yang menggunakan multimedia)(SWiSHzone.com Pty. Ltd, 2007). Swish Max digunakan untuk membuat beragam animasi yang menarik dan penuh kreasi tanpa menggunakan program aplikasi Adobe Flash (generasi ke-sembilan dari macromedia flash yang merupakan program aplikasi perintis penghasil aplikasi berbasis flash).
7.      Plastic Animation Paper
Plastic Animation Paper merupakan aplikasi sederhana, efektif dan salah satu yang terbaik untuk membuat animasi 2D atau kartun di 2D. Plastic Animation Paper menyediakan banyak fitur yang bermanfaat, seperti: menggambar area, menyisipkan gambar berwarna, menyeting frame rate, fitur zoom , menambahkan musik, dan lain-lain. Plastic Animation dapat menyimpan animasi dalam gambar dan file video dengan format populer, seperti: GIF, PNG, TIFF, AVI, TGA, dll kamu dapat mempelajari lebih lanjut tentang software ini dari video tutorial dasar berikut.
8.      Pencil
Pencil merupakan perangkat lunak yang memungkinkan kamu membuat animasi 2D dengan mudah menggunakan beberapa alat dan fitur sederhana. Beberapa fitur utamanya adalah: mengatur frame rate, impor gambar , impor suara , menyisipkan warna, dan lain-lain. Pencil dapat mengekspor hasil animasi dengan format SWF (Flash Video), X Sheet, Movie, dan lain-lain. Pencil juga merupakan aplikasi open source, portabel dan cross-platform ( tersedia untuk Mac, Linux dan OS lainnya).
9.      Synfig Studio
Synfig Studio merupakan software animasi 2D gratis dengan banyak fitur berkualitas. Tampilan utamanya dibagi menjadi empat jendela yang berbeda antara lain : tools window, navigator window, editing window, dan parameters window. Synfig Studio juga merupakan aplikasi open source dan cross-platform (tersedia untuk Mac OS dan Linux juga).
10.  Tupi Open 2D Magic
Tupi Open 2D Magic adalah program animasi 2D yang menyediakan banyak tools dan fitur yang berguna untuk membuat animasi 2D. Beberapa alat untuk membuat animasi yang berguna: Pencil, Color, Tweening, dan lain-lain. Tupi Open 2D Magic juga dapat mengimpor file gambar “SVG” kedalam animasi. Tupi Open 2D Magic juga dapat mengekspor animasi untuk berbagai gambar dan file video seperti: Flash video, MPG, AVI, PNG array, JPG array dan lain-lain. Tupi Open 2D Magic merupakan palikasi berkualitas yang Juga tersedia untuk Linux, Mac OS dan lainnya. Kamu juga dapat melihat-lihat galleri animasi di situs resminya.
11.  Vectorian Giotto
Vectorian Giotto adalah perangkat lunak yang efektif dan kaya fitur untuk menciptakan animasi flash 2D yang kompleks. Vectorian Giotto menyediakan beberapa alat yang sangat berguna, efek dan fitur untuk membuat animasi. Beberapa alat yang disediakan antara lain : shapes, pencil, brush, text tool, eye dropper, dll juga dapat menyisipkan gambar, suara, adegan, waktu, dan lain-lain dalam animasi.


Animasi 3D

1.      3D Studio Max
3D Studio Max (kadangkala disebut 3ds Max atau hanya MAX) adalah sebuah perangkat lunak grafik vektor 3-dimensi dan animasi, ditulis oleh Autodesk Media & Entertainment (dulunya dikenal sebagai Discreet and Kinetix. Perangkat lunak ini dikembangkan dari pendahulunya 3D Studio fo DOS, tetapi untuk platform Win32. Kinetix kemudian bergabung dengan akuisisi terakhir Autodesk, Discreet Logic. Versi terbaru 3Ds Max pada Juli 2005 adalah 7. 3Ds Max Autodesk 8 diperkirakan akan tersedia pada akhir tahun. Hal ini telah diumumkan oleh Discreet di Siggraph 2005.
2.      Swift 3D
Swift 3D adalah komputer perangkat lunak aplikasi program yang dikembangkan oleh Electric Rain yang memungkinkan pengguna untuk membuat atau mengimpor model 3D , bernyawa atau memanipulasi mereka, dan ekspor mereka untuk digunakan dalam Adobe Flash dokumen. Versi 5 menambahkan fungsi untuk mengekspor untuk Papervision3D , sebuah aplikasi yang kuat untuk menggabungkan 3D ke dalam Flash.
3.      AnimPixels
AnimPixels adalah perangkat lunak film animasi khusus dalam Isometric Pixel Art.. Menggunakan komponen film anda sendiri, atau download dari web, untuk membuat film animasi asli.
4.      Easy GIF Animator 5 Pro
Easy GIF Animator 5 Pro adalah software kuat namun sangat mudah untuk membuat dan mengedit gambar GIF animasi. Dengan animasi GIF editor sobat dapat dengan mudah membuat gambar animasi, banner dan tombol dalam waktu singkat. Sobat dapat menggunakan fitur-fitur khusus untuk menambahkan efek visual yang menakjubkan dan mempersiapkannya untuk dipublikasikan pada halaman web sobat. Easy GIF Animator 5 pro mendukung semua jenis animasi GIF dan menyediakan kompresi tinggi dan kualitas yang hebat untuk gambar GIF animasi. Untuk melengkapi semua ini, Easy GIF Animator 5 pro adalah yang terbaik sebagai animasi GIF editor saat ini.
5.      Alligator Flash Designer
Alligator Flash Designer adalah software animasi vektor berbasis snap. Menghasilkan grafik animasi kompleks dengan gambar, bentuk dan teks, menggunakan lebih dari 130 built-in efek animasi seperti Fade, Zoom, Putar, Fly dan banyak lagi. Ekspor Desainer Flash SWF file dalam format Macromedia Flash, dan kode HTML yang diperlukan untuk mengintegrasikan animasi dengan halaman Web Anda. Ini juga menawarkan perangkat pengeditan dasar untuk memodifikasi gambar apapun, mengubah ukurannya, menambahkan objek dll. dengan software ini kita lebih mudah untuk membuat animasi pada web dan banner.
6.      Flash CS4
Flash CS4 untuk merancang konten interaktif untuk digital, animasi web, dan platform mobile. Buat situs web interaktif, media yang kaya iklan, media pembelajaran, presentasi dan permainan perangkat lunak grafis animasi.
7.      CoffeeCup GIF Animator
CoffeeCup GIF Animator membuat animasi untuk halaman web Anda dengan mudah. CoffeeCup GIF Animator dapat mengkonversi grafis JPEG dan BMP GIF secara otomatis, serta impor dan ekspor file AVI.
8.      Ulead GIF Animator 5
Ulead GIF Animator 5  perangkat lunak animasi kuat dan terjangkau. Mudah membuat animasi cepat-loading untuk situs web Anda dan presentasi PowerPoint.
9.      Corner-A ArtStudio
Corner-A ArtStudio adalah perangkat lunak animasi yang powerful yang dapat membawa hidup keluar dari gambar statis membosankan. ArtStudio memiliki banyak filter built-in, memiliki dukungan akselerasi hardware, kemungkinan ekspor ke berbagai format dan antarmuka yang sederhana. Anda tidak perlu menjadi seorang seniman atau desainer untuk menggunakan ArtStudio.
10.  3D Studio Max
3D Studio Max (kadangkala disebut 3ds Max atau hanya MAX) adalah sebuah perangkat lunak grafik vektor 3-dimensi dan animasi, ditulis oleh Autodesk Media & Entertainment (dulunya dikenal sebagai Discreet and Kinetix. Perangkat lunak ini dikembangkan dari pendahulunya 3D Studio fo DOS, tetapi untuk platform Win32.
11.  Macromedia Director
Macromedia Director atau Adobe Director adalah sebuah program yang dirancang khusus untuk membuat self-contained atau program yang dapat berjalan sendiri. Aplikasi ini dapat dijadikan sebagai media presentasi maupun sebagai Media Interaktif untuk Membuat CD Interaktif. Director ini juga dapat digunakan untuk menciptakan konten halaman web dalam bentuk Shockwave.
12.  Adobe Image Ready
Adobe Image Ready adalah editor grafis bitmap yang dikirim dengan Adobe Photoshop oleh Adobe Systems selama hampir sepuluh tahun. ImageReady ditulis dalam bahasa C + + pemrograman Itu tersedia untuk Windows dan Mac OS X platform 1998-2007, setelah itu dihentikan. ImageReady memiliki fitur khusus seperti GIF penciptaan animasi, optimasi kompresi gambar, dan efek rollover, dan generasi HTML.
13.  Corel Rave
Corel Rave merupakan sebuah aplikasi berbasiskan vector yang baisa digunakan untuk membuat animasi bergerak yang dibuat oleh perusahaan corel. Corel rave merupakan aplikasi bawaan (satu paket) yang telah tersedia jika kita menginstall corel draw 12.
14.  Swish Max
Swish Max adalah program aplikasi lengkap untuk pembuatan animasi berbasis flash player (sebuah program aplikasi pengoperasi suatu animasi sederhana, permainan digital dan berbagai perangkat yang menggunakan multimedia)(SWiSHzone.com Pty. Ltd, 2007). Swish Max digunakan untuk membuat beragam animasi yang menarik dan penuh kreasi tanpa menggunakan program aplikasi Adobe Flash (generasi ke-sembilan dari macromedia flash yang merupakan program aplikasi perintis penghasil aplikasi berbasis flash).
15.   Adobe After Effects CS4
Adobe After Effects CS4 efek visual yang sangat baik dan perangkat lunak animasi menarik. Bekerja dengan peralatan canggih dan integrasi yang erat dengan aplikasi desain terkemuka saat Anda memberikan bekerja untuk hampir semua jenis media. Membuat dari awal atau memulai proyek dari ratusan preset disesuaikan dan template, semua dari dalam streamlineantarmuka.
16.  Autodesk Maya
Autodesk Maya adalah sebuah perangkat lunak grafik komputer 3D dibuat oleh Alias Systems Corporation (Diakuisisi oleh Autodesk, Inc. pada tahun 2006). Maya digunakan dalam industri film dan TV, dan juga untuk permainan video komputer. Maya digunakan dalam pembuatan animasi Upin Ipin. Kelebihan dari program ini adalah proses pembuatan Animasi yang relatif lebih mudah dibandingkan perangkat 3D lainnya.
17.  Blender
Blender adalah perangkat lunak sumber terbuka grafika komputer 3D. Perangkat lunak ini digunakan untuk membuat film animasi, efek visual, model cetak 3D, aplikasi 3D interaktif dan permainan video. Blender memiliki beberapa fitur termasuk pemodelan 3D, penteksturan, penyunting gambar bitmap, penulangan, simulasi cairan dan asap, simulasi partikel, animasi, penyunting video, pemahat digital, dan rendering.
18.  Autodesk Softimage
Autodesk Softimage merupakan aplikasi grafis komputer berkinerja tinggi yang dimiliki oleh Autodesk. Aplikasi ini berfungsi untuk memproduksi grafis 3D, permodelan 3D, dan animasi komputer. Software ini terutama digunakan dalam pembuatan film video game, dan iklan industri untuk menciptakan karakter, benda, dan lingkungan.
19.  Cinema 4D
Cinema 4D adalah software yang lengkap, untuk membuat animasi 3D dan relatif mudah digunakan dan tingkat kualitasnya bagus dan animasinya hampir seperti nyata dalam dunia grafis ada software komersial yang bernama Cinema 4D, software ini di ciptakan oleh perusahaan Maxon yang ada di Jerman. Software grafis ini termasuk dalam high-end 3D computer graphics, dengan kemampuan polygonal/subd modelling, animating, lighting, texturing dan rendering, software ini di gunakan oleh banyak perusahaan film untuk membuat film film berkualitas.
20.  Houdini
Houdini merupakan aplikasi high-end untuk 3D animasi yang dikembangkan oleh Side Effect Software of Toronto. Side Effect Software diadaptasi Houdini dari prisma suite generasi prosedural perangkat lunak. Perhatian eksklusif ke generasi prosedural membedakannya dari perangkat lunak komputer grafis 3D lainnya.
21.  LightWave
LightWave (atau, lebih sesuai, LightWave 3D) adalah sebuah program grafik komputer untuk pemodelan 3D, rendering, dan animasi. Meskipun program ini berasal dari Commodore Amiga, dia telah diport untuk mendukung Mac OS X, Windows, dan mesin rendernya telah diport ke platform Linux. Lightwave juga terdiri dari dua bagian, lingkungan pemodelan objek di mana model 3d atau "meshes" diciptakan dan lingkungan animasi di mana model diatur dan dianimasikan untuk render. Tidak seperti kebanyakan paket lainnya dua bagian ini adalah sebuah program yang terpisah. Ada juga aplkasi render yang terpisah yang dapat dijalankan di banyak mesin. LightWave merupakan aplikasi multi-threaded dan dapat menggunakan sebanyak 8 prosesor dalam mesin yang sama pada waktu yang sama ketika merender gambar.
22.  MODO
MODO Merupakan software besutan The Foundry yang telah dipakai dalam industri perfilman dan games. Software ini juga sering dipakai untuk membuat desain model untuk produk. Merupakan software untuk modeling, sculpting, rendering dan special effects. Memiliki kemampuan untuk model memahat dan cat animasi dan render. Fitur digunakan dalam setiap tugas seperti n-gons atau lukisan D dan bobot tepi meningkatkan kemampuan ini. Selain itu dapat memilih pivot point dengan hanya mengklik suatu tempat. Alat dapat dimodifikasi dengan falloffs disesuaikan ini akan memodifikasi kekuatan bentuk geometriknya yang membuat gambar. Bagian terbaik tentang Modo adalah yang memiliki pratinjau renderer yang progresif.



























REFERENSI









Komentar

Postingan populer dari blog ini

TRAPDOOR DAN BACTERIA

Evolutionary Computing (Algoritma Genetika)

Siklus Hidup ITIL / ITSM Lifecycle