Siklus Hidup ITIL / ITSM Lifecycle
Siklus hidup ITIL – Service
Strategy
Service
Strategy Merupakan iterasi pertama dalam siklus layanan ITIL, pada tahap
service strategy dibuat perencanaan terhadap layanan. Membangun kebijakan bagi
layanan baru yang berisi tujuan dan anggaran biaya layanan, membuat portofolio
layanan yang berisi rincian dari layanan TI yang dikembangkan dan kontrak
terhadap layanan TI yang akan dibangun. Proses-proses yang dilakukan pada
iterasi service strategy sebagai berikut:
1. Manajemen
Strategi bagi Layanan TI
Tujuan dari
proses ini adalah membangun strategi bagi layanan TI yang akan dikembangkan
meliputi penawaran penyediaan layanan, kemampuan dan potensi perkembangan
layanan TI. Proses ini juga bertanggung jawab guna memastikan pelaksanaan
strategi.
2. Manajemen
Portofolio Layanan (Service Portofolio Management)
Tujuan dari
proses ini adalah mengelola portofolio layanan, memastikan layanan yang
dibangaun sesuai dengan kebutuhan bisnis dan investasi layanan.
3. Manajemen
Permintaan / Kebutuhan
Tujuan dari
proses ini adalah melakukan identifikasi terhadap permintaan dan kebutuhan
layanan serta menentukan kapasitas layanan untuk memenuhi permintaan.
4. Manajemen
Keuangan bagi Layanan TI
Tujuan dari
proses ini adalah untuk mengelola finansial penyedia layanan, mengelola proses
akutansi dan keuntungan layanan.
5. Manajemen
Hubungan Bisnis
Tujuan dari
proses ini adalah untuk membangun hubungan positif dengan pelanggan dan
mengidentifikasi kebutuhan pelanggan yang potensial sehingga dapat menyediakan
layanan yang sesuai dengan kebutuhan pelanggan.
Referensi :
- Cartlidge, A., Hanna, A., Rudd,
C., Macfarlane, I., Windebank, J., & Rance, S. (2007). A high-level
overview of the IT INFRASTRUCTURE LIBRARY. An Introductory Overview of
ITIL® V3, 1(1). Ditemukenali 13 Maret 2013, dari http://www.best-management-practice.com/gempdf/itsmf_an_
introductory_overview_of_itil_v3.pdf
- Orand, B. (2011). Foundation of
IT Service Management with ITIL 2011. USA: ITILYaBrady.
- Rinjani, Muhammad Angga.
(2013). Implementasi Problem Management berdasarkan framework ITIL versi 3
(studi kasus BISKOM UAD). Skripsi, Program Studi Sistem Informasi,
Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta
- http://www.itil-officialsite.com
Komentar
Posting Komentar